Monday, November 6, 2017

Hemat Kuota Paket Data Saat Tethering Hotspot

Hai kawan-kawan semua bagaimana keadaan kalian semua? Semoga baik-baik saja ya nah pada kesempatan saya akan memberikan kamu setidaknya sedikit tips yang berguna bagi kamu yang tethering hostpot ke teman kamu apalagi kuota pas-pasan. Seringkali teman minta tethering donk! Buat kerja tugas nih padahal aslinya dia cuma buat main game apalagi game Mobile Legends atau Clash of Clans, jadi kasihan donk kamu yang punya kuota tapi dipakai bukan untuk mengerjakan tugas apalagi yang dipakai untuk ngedownload kan jadinya sakit yang tidak berdarah gitu.
Jadi kamu biasa simak tips yang akan saya berikan untuk kamu biar kuota kamu tidak cepat terkuras habis saat tethering ke teman kamu simak baik-baik:

Yang pertama: Tethering ke laptop
  • Kita tahu bahwa laptop akan membutuhkan data/koneksi yang lebih banyak dibandingka perangkat hp, jadinya akan memerlukan data packet yang lebih, nah jika teman kamu minta tethering hotspot ke laptopnya dia usahakan untuk laptopnya dia untuk mematikan fitur windows updatenya karena jika tidak laptop tersebut mengunduh pembaruan untuk laptop tersebut secara otomatis.
  • Lihat apakah ada proses dilatar belakang yang sedang memakai koneksi internet, caranya kamu pergi ke Task Manager\Lalu ke tab Users dan lihat pada bagian Network jika ada aplikasi yang sedang memakai koneksi internet usahakan untuk menghentikannya  dengan Klik kanan lalu End Task karena jika tidak kuota kamu akan terus terkuras.
  • Pada saat kamu membuka sebuah aplikasi yang belum terupdate usahakan untuk tidak menggunakan hotspot tethering teman kamu untuk mengupdatenya karena aplikasi yang belum terupdate bisa saja masih dapat dipakai, semisalnya saja aplikasi Google Chrome kan kasihan teman kamu yang memiliki paket kuota internet.
  • Jangan gunakan untuk streaming video, kamu mungkin tidak tahu kalau streaming online video di pc akan membutuhkan lebih banyak koneksi internet daripada di hp mengapa demikian? Karena ukuran kualitas video yang digunakan kalau kamu streaming video di pc dengan kualitas 360p maka akan pecah namun sebaliknya di android tidak.
  • Saat browsing usahakan untuk tidak membuka terlalu banyak situs karena di pc situs yang yang dibuka akan berada dalam mode desktop yang dimana memakai banyak paket data.
Yang kedua: Tethering ke hp
  • Matikan fitur update otomatis di play store, untuk di hp tidak terlalu banyak mengambil kuota namun perlu kamu ketahui fitur otomatis update menjadi masalah yang menguras paket data
  • Non aktifkan dulu sosial media kamu, apalagi kamu pengguna whatsapp yang secara otomatis langsung mengunduh file media.
  • Lihat penggunaan paket kuota dengan aplikasi internet monitoring.
Itulah sedikit tips yang dapat saya berikan untuk kamu yang sering tethering kepada teman kamu yang lagi kebelet online.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sewajarnya, kemungkinan besar saya akan membalasnya dengan santun pula :)